Fahira Idris ucapkan Selamat Milad pada Imam Besar Al Habib Muhammad Rizieq Syihab Ke-53 Langsung Dari Makkah

Fahira Idris ucapkan Selamat Milad pada Imam Besar Al Habib Muhammad Rizieq Syihab Ke-53 Langsung Dari Makkah

Jakarta – Jumat (24/8) menjadi hari terbaik untuk Imam Besar Al Habib Muhammad Rizieq Syihab yang hari ini tepat 53 tahun usia beliau lahir pada 24 Agustus 1965-2018.

Momentum ini menjadi baik untuk semua orang berdoa agar Imam Besar Al Habib Muhammad Rizieq Syihab bisa kembali ke Indonesia, salah satunya Anggota DPD RI Fahira Idris,SE.,MH yang sekaligus Ketua Umum Ormas Kebangkitan Jawara dan Pengacara (Bang Japar) menuliskan untaian doanya di twitter.

“Selamat Milad Yaa Imam Besar Al Habib Muhammad Rizieq Syihab – Dari Makkah saya kirimkan doa semoga Allah SWT limpahkan sebanyak-banyaknya rahmat, karunia, nikmat sehat, rezeki berlimpah yang barokah, petunjuk, Kebaikan, Kebahagiaan, serta Perlindungan dari Allah SWT .. Al Fatihah”, ujar Fahira Idris berdoa untuk Imam Besar Al Habib Muhammad Rizieq Syihab.

Al Habib Rizieq adalah anak kelima dari lima bersaudara, ia lahir di Jakarta pada tanggal 24 Agustus 1965 dari pasangan Habib Hussein bin Muhammad Shihab dan Syarifah Sidah Alatas. Kedua orangtuanya merupakan orang Betawiketurunan Hadhrami. Ayahnya, Habib Husein bin Muhammad bin Husein bin Abdullah bin Husein bin Muhammad bin Shaikh bin Muhammad Shihab (lahir sekitar 1920adalah salah seorang pendiri Gerakan Pandu Arab Indonesia yang didirikan bersama teman-temannya pada tahun 1937 . Pandu Arab Indonesia adalah sebuah perkumpulan kepanduan yang didirikan oleh orang Indonesia berketurunan Arabyang berada di Jakarta, yang selanjutnya berganti nama menjadi Pandu Islam Indonesia (PII). Ayahnya wafat pada tahun 1966 saat Rizieq berusia 11 bulan, sehingga sejak saat itu ia hanya diasuh oleh ibunya, Syarifah Sidah, dan tidak dididik di pesantren. Baru setelah berusia empat tahun ia mulai rajin mengaji di masjid-masjid dekat rumahnya. Sebagai orang tua tunggal, ibunya yang bekerja sebagai penjahit pakaian dan perias pengantin juga sangat memperhatikan pendidikan Rizieq serta membimbingnya dengan pendidikan agama.

Rizieq adalah seorang Habib atau Sayyid dengan klanShihab (merujuk pada Shihabuddin Aal bin Syech) yang silsilahnya dapat ditelusuri sampai kepada Sayyidina Ali bin Abi Thalib melalui Imam Ahmad al-Muhajir. Sementara itu, istrinya yang bernama Syarifah Fadhlun juga merupakan keluarga Sayyiddari klan Aal bin Yahya.

Pendidikan

Setelah lulus sekolah dasar pada tahun 1975 di SDN 1 Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada tahun 1976 Rizieq melanjutkan sekolah menengahnya ke SMP 40 PejomponganJakarta Pusat. Namun karena jarak sekolah dengan rumahnya di Petamburan terlalu jauh, ia kemudian dipindahkan ke sekolah yang relatif lebih dekat dengan tempat tinggalnya, yaitu SMP Kristen Bethel Petamburan dan lulus tahun 1979. Ia kemudian melanjutkan sekolahnya di SMA Negeri 4 Jakarta di Gambir, namun lulus dari SMA Islamic Village Tangerang pada tahun 1982.

Pada tahun 1983, Rizieq mengambil kelas bahasa Arab di Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab(LIPIA). Namun setelah satu tahun menempuh studi, ia mendapat tawaran beasiswa dari Organisasi Kerjasama Islam (OKI) untuk kuliah di Arab Saudi. Ia pun melanjutkan program sarjana jurusan Studi Agama Islam (Fiqih dan Ushul Fiqh) ke King Saud University yang ditempuhnya selama empat tahun. Pada tahun 1990, Habib Rizieq dinyatakan lulus, lengkap dengan predikat Cum Laude.

Habib Rizieq sempat mengambil program pascasarjana di Universitas Islam Internasional Malaysia selama satu tahun, setelah itu ia kembali ke Indonesia sebelum magisternya selesai karena alasan biaya. Setelah beberapa tahun, akhirnya ia mampu melanjutkan pendidikannya di bidang Syari’ah dan meraih gelar Master of Arts (M.A.) pada tahun 2008 di Universitas Malaya dengan tesisberjudul “Pengaruh Pancasila Terhadap Pelaksanaan Syariat Islam di Indonesia”.

Pada tahun 2012, Habib Rizieq kembali ke Malaysiadan melanjutkan program pendidikan doktor dalam program Dakwah dan Manajemen di Fakultas Kepemimpinan dan Pengurusan Universiti Sains Islam Malaysia (USIM). Saat ini ia sedang menyelesaikan disertasinya yang berjudul “مناهج التميز بين الأصول والفروع عند أهل السنة والجماعة” (Perbedaan Asal dan Cabang Ahlussunah Wal Jama’ah) di bawah pengawasan Prof. Dr. Kamaluddin Nurdin Marjuni dan Dr. Ahmed Abdul Malek dari Nigeria.

Kehidupan pribadi

Habib Rizieq Shihab menikah pada tanggal 11 September 1987 dengan Syarifah Fadhlun bin Yahya. Dari pernikahannya tersebut Habib Rizieq dikaruniai seorang putra dan enam putri: Rufaidah Shihab, Humaira Shihab, Zulfa Shihab, Najwa binti Rizieq Shihab, Mumtaz Shihab, Fairuz Shihab, dan Zahra Shihab.

 

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply