Bang Japar Jakbar hadir dan Tampil Bela Diri di Gelar Budaya Keraton Djipang Ke-3 di Anjungan TMII Jaktim.

Bang Japar Jakbar hadir dan Tampil Bela Diri di Gelar Budaya Keraton Djipang Ke-3 di Anjungan TMII Jaktim.

Alhamdullilah Perwakilan Bang Japar Jakarta Barat di Undang Khusus untuk menghadiri serta mengisi acara Gelar Budaya Keraton Djipang ke 3.

Kami mendapatkan undangan serta mengisi acara Gelar Budaya Keraton Djipang Ke-3 dari KH. TB. SURYA ALI IMRON beliau adalah penasehat Gelar Budaya Keraton Djipang Ke-3.

Bang Japar Jakarta Barat beserta beberapa perguruan silat di wilayah Jakarta Barat hadir dan datang memenuhi undangan tersebut, perguruan silat yang hadir diantaranya seperti Perguruan Silat Cingkrik Paku Galuh, Gerak Oray Indonesia, Gerak Saka Agus Salim serta Perguruan Silat dari dari Nusantara.

Hadir juga Perwakilan Bang Japar Jakarta Barat Bang Ozzy, H. Matanil, Ahmad Syaugi, Kurnain Cobra 73, Anna Yuliana, Agus Bendrong, Bang Hasan, Sabarudin, Sardam serta Komandan Bang Japar Jakarta Timur Bang Musa Marasabessy ikut hadir karena lokasi acara di wilayah Hukum Jakarta Timur.

Di depan Raja Djipang anggota Bang Japar Jakarta Barat memperkenalkan seni bela diri kebudayaan betawi yang khas dan penuh makna kedaerahan Jakarta.

Acara Gelar Budaya Keraton akan menjadi agenda tahunan dan Bang Japar akan kembali mengisi acara tersebut bersama kebudayaan-kebudayaan lainnya, karna bangsa yang besar adalah bangsa yang bersatunya budaya-budaya yang ada di nusantara untuk keaneka ragaman budaya, adat istiadat masing-masing wilayahnya. Aneka tarian dan pertujukan silat merupakan ciri khas Budaya Nusantara dipertunjukan.

Acara inipun dihadiri perwakilan Gubernur Jawa Tengah, sejumlah Raja Sultan Nusantara, tokoh nasional, selebriti, keluarga besar Keraton Djipang, serta 60 tamu dari Malaysia dan Singapura.

Gelar Budaya Keraton Djipang ini merupakan gelaran ke-3. Acara kali ini berlangsung di Anjungan Jawa Tengah, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, 26 Agustus 2019. Sebelumnya gelaran ke-1 pada tahun 2016 berlangsung di Cepu, Blora yang diselenggarakan secara besar-besaran. Sedangkan gelaran ke-2 tahun 2017 diadakan di Anjungan Jawa Tengah, TMII seperti halnya sekarang ini. Pemilihan TMII ditujukan untuk memudahkan akses bagi peserta yang datang dari berbagai daerah di Indonesia, Malaysia, dan Singapura.

Sejumlah Raja Sultan dan tokoh hadir antara lain Raja Suku Lime Sumatera Selatan YM Prabu Bur Maras, Raja Turikale Sulawesi Selatan YM Andi Mapparessa bersama permaisuri YM Evie Mapparessa, Raja Galuh YM Hanif Radinal, dan YM Youdhi Prayogo dari Kesultanan Inderapura. Perwakilan dari Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN) antara lain YM Jenny Sarimanela, YM Purbowo, YM Ellen Angkuw, dan YM KRAy Intan Rumbinang, Komjen Pol (Purn) Imam Sudjarwo, dan Dubes RI untuk Afghanistan Mayjen (Purn) Arief Rachman. Sedangkan dari pemerintah, hadir Gubernur Jawa Tengah yang diwakili Pejabat Disbudpar Agung Kristianto.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply