Wujud Apresiasi Fahira Idris dan Bang Japar Komwil Jaksel di Dunia Seni Budaya

Wujud Apresiasi Fahira Idris dan Bang Japar Komwil Jaksel di Dunia Seni Budaya

Wujud Apresiasi Fahira Idris dan Bang Japar Komwil Jaksel di Dunia Seni Budaya

Jakarta – Organisasi BANG JAPAR dibawah Komando Ibu Fahira Idris sebagai Ketua Umum Bang Japar terus bergerak disemua sektor, kali ini Divisi Seni Budaya Bang Japar Komwil Jakarta Selatan mengunjungi Sanggar Budaya Betawi Kampung Budaya Beksi Petukangan, Pesanggrahan, Jakarta Selatan.
.
Setiap rumah tentu memiliki ruang yang sesuai fungsinya diantaranya ada ruang tamu, ruang makan, ruang dapur, dan kamar tidur. Seni dan budaya bisa dianalogikan seperti demikian. Rumah besarnya adalah budaya, seni atau keseniannya adalah salah satu ruang dalam rumah besar tersebut. Dengan demikian keduanya saling keterkaitan. Tanpa budaya tidak akan ada seni, sebaliknya tanpa seni, budaya tak pernah lengkap jiwanya.

Rumahpun sangat perlu diapresiasi caranya direnovasi agar fungsinya dapat bertahan menandingi waktu dan kehidupan seperti yang dilakukan Organisasi BANG JAPAR (Kebangkitan Jawara dan Pengacara) yang berkunjung ke Kampung Budaya Beksi Petukangan, Pesanggrahan, Jakarta Selatan pada Sabtu, 18 September 2021. Ormas yang dipimpin oleh Hj. Fahira Fahmi Idris selaku Anggota DPD RI Dapil Provinsi DKI Jakarta yang juga Ketua Umum BANG JAPAR akan memberikan apresiasi dalam bentuk Piagam Penghargaan DPD RI kepada para praktisi dan anggota Yayasan Kampung Silat Petukangan yang sampai sekarang masih terus mengembangkan nilai seni dan budaya Betawi.

Achmad Muhammad perwakilan dari Bang Japar Komwil Jakarta Selatan mengatakan bahwa seni dan budaya Betawi ini sangat perlu dikembangkan agar generasi selanjutnya bisa mengenal dan terus dikenal. “Intisari dari seni dan budaya adalah nilainya, maka nilai inilah yang perlu kita jaga dan kembangkan seiring perkembangan zaman,” tutur Achmad Muhammad.

Dalam kesempatan ini, hadir pula Syopwani (Lurah Petukangan Utara), Naupal Haryawan (Ketua Umum Yayasan Kampung Silat Petukangan), Baba Soleh (sesepuh silat Beksi), Nasir Mupid (Maestro Topeng Blantek), Abdul Aziz (seniman Betawi), serta para pelaku seni dan penggiat budaya di bawah naungan Yayasan Kampung Silat Petukangan.
.
Naupal Haryawan Ketua Umum Yayasan Kampung Silat Petukangan menambahkan bahwa apresiasi merupakan hal yang penting bagi manusia, sebab tanpa apresiasi manusia akan mati dalam berkarya. “Oleh karenanya apresiasi tak kenal besar dan kecil, karena itu adalah api dari sebuah karya seni dan budaya yang menentukan keberlangsungan seni dan budaya itu sendiri,” kata Naupal.
.
Meski tidak formal, kegiatan yang berlokasi di area makam pahlawan Beksi Haji Godjalih berlangsung cukup khidmat. Pemberian piagam penghargaan dari Ibu Fahira Idris Anggota DPD RI yang juga Ketua Umum Bang Japar kepada para pegiat seni dan budaya menutup jalannya acara. Sesi foto bersama dan ucapan terima kasih kepada Hj. Fahira Idris menambah kesan bahwa memajukan seni dan budaya adalah tanggung jawab kita bersama.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply