Bang Japar hadir kegiatan Bandung Informal Meeting di Bandung Jawa Barat
Maret 19, 2018 1250 Views

Bang Japar hadir kegiatan Bandung Informal Meeting di Bandung Jawa Barat

Bandung – Ormas dan LBH Bang Japar hadir dalam acara Bandung Informal Meeting di Hotel Savoy Homann Bidakara Bandung, Jawa Barat.

Aktivis dan seniman Ratna Sarumpaet tidak dapat menahan sedih saat membuka Bandung Informal Meeting di Hotel Savoy Homann, Bandung, Minggu pagi (18/3).

Ratna terisak-isak, menahan rasa sedih itu.

“Sulit membayangkan 250 juta rakyat Indonesia, yang diridhoi Allah SWT, dititipi kehidupan bernegara yang baik oleh pendiri negara, sekarang hidup seburuk ini,” ujarnya.

Bandung Informal Meeting bertema “Kegagalan Negara Memberikan Rasa Aman Kepada Rakyat dan Bangsa” diselenggarakan Gerakan Selamatkan Indonesia yang dipimpin Ratna.

Sejumlah tokoh hadir dalam kegiatan ini, antara lain mantan Ketua MPR Amien Rais, aktivis Lieus Sungkharisma, politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Suripto, Bunda Nini Politisi Gerindra, Sekjen Bang Japar ustad H. Eka Jaya, Direktur LBH Bang Japar Irvan Iskandar, SH, Anggota Bang Japar dan LBH Bang Japar hadir bersama di Bandung, tak lupa Juga Umi Yani dan Bang Feri Komwil Bang Japar Kota Depok Jawa Barat.

Ratna mengatakan, dirinya tidak bisa menerima peristiwa penyerangan terhadap ulama, yang terjadi berulang kali. Sementara tidak terlihat ada upaya yang serius dari pihak kepolisian untuk membongkar kasus ini.

“Malah polisi mengatakan dengan mudah bahwa pelakunya adalah orang gila,” kata Ratna lagi.

Ratna semakin kecewa mendengar pernyataan pihak kepolisian beberapa waktu lalu di Indonesian Lawyer Club (ILC) TVOne yang mengatakan bahwa hanya tiga kasus penyerangan terhadap ulama yang benar-benar terjadi. Sementara sebagian besar adalah kampanye Family MCA yang sekarang sudah ditangkap.

“Semoga nanti kita bisa menghasilkan rekomendasi dari pertemuan ini,” demikian Ratna.

Memperhatikan proses penegakan hukum sejumlah kasus penyerangan terhadap pemuka agama beberapa waktu belakangan ini, peserta Bandung Informasi Meeting Gerakan Selamatkan Indonesia (GSI) menyatakan:

1. Meragukan itikad dan kemauan pemerintah dalam rangka menghadirkan rasa aman dan melindungi rakyat dan bangsa Indonesia.

2. Mendesak Presiden Republik Indonesia mengevaluasi Institusi dan proses penegakan hukum yang dibutuhkan untuk menjamin keamanan Warga Negara.

3. Untuk mengetahui data dan fakta yang sesungguhnya terhadap jumlah korban maupun motif penganiayaan pemuka agama, di Bandung – Jawa Barat  maupun yang terjadi di berbagai daerah di Indonesia, maka Forum ini menyepakati pembentukan Tim Pencari Fakta (TPF) dan hasil kerjanya disosialisasikan kepada publik, lalu diserahkan kepada pemerintah sebagai masukan konstruktif.

4. Menugaskan Ibu Ratna Sarumpaet selaku Aktivis HAM dan penggagas Forum ini sebagai koordinator Tim Pencari Fakta dimaksud.

Demikian rekomendasi ini dibuat sebagai dokumen publik, untuk ditindak lanjuti dan diketahui oleh pihak-pihak terkait.

Bandung Informal Meeting
Ahad, 18 Maret 2018.


Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/u1207951/public_html/bangjapar.org/wp-content/themes/bangjapar/includes/single/post-tags-categories.php on line 7

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply