Fahira Idris Kunjungi Lokasi Vaksin Covid-19 untuk Lansia di Puskesmas Kecamatan Pulogadung Jakarta Timur.

Fahira Idris Kunjungi Lokasi Vaksin Covid-19 untuk Lansia di Puskesmas Kecamatan Pulogadung Jakarta Timur.

Fahira Idris Kunjungi Lokasi Vaksin Covid-19 untuk Lansia di Puskesmas Kecamatan Pulogadung Jakarta Timur.

JAKARTA – Anggota DPD RI Dapil DKI Jakarta Fahira Idris hari ini (16/4) melakukan Kunjungan Lokasi Pemberian vaksin Covid-19 untuk lanjut usia (lansia) yang dilaksanakan di beberapa rumah sakit maupun Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di DKI Jakarta.

Salah satunya Puskesmas Kecamatan yang di kunjungi Fahira Idris adalah PKM Pulogadung, Jakarta Timur di Jalan Kayu Putih Selatan III No.2B, RT.8/RW.5, Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Kunjungan Lokasi Vaksin Covid-19 Lansia ini ditemani Dokter Umum Puskesmas Kecamatan Pulogadung, dr. Ammy.

“Vaksinasi lansia telah berjalan sejak kemarin saat di canangkan serentak Se-DKI Jakarta, di awal-awal dulu lansia yang datang masih belum banyak, sekarang alhamdulillah, terus berjalan lancar dan sanpai di nyatakan beralih ke penerima lain baru akan berakhir lansia, untuk saat ini masih Lansia”, ujar dr. Ammy di PKM Pulogadung.

Pihak tenaga medis menjelaskan kepada Ibu Fahira Idris akan proses alur lansia mendapatkan Vaksin Covid-19, pertama kondisi lansianya di-screening dulu kalau memang tidak bisa hari ini, ditunda. Vaksinasi pun dilakukan dengan penjadwalan tiga sesi. Sesi pertama dari pukul 08.00 WIB – 10.00 WIB. Sesi kedua dari pukul 10.00 WIB – 12.00 WIB. Dan Sesi ketiga mulai pukul 13.00 WIB hingga 15.00 WIB. Hal tersebut agar menghindari terjadinya kerumunan.
.
Kemudian untuk verifikasi data cukup membawa kartu tanda penduduk (KTP), kemudian nanti akan diatur jadwal vaksinasinya sesuai dengan sesi yang ada. Warga akan dihubungi pihak Puskesmas untuk melakukan vaksinasi.

“Lansia hanya Bawa KTP aja, yang jelas kalau lansia yang kita hubungi itu sudah ada daftarnya, jadi kita menerima daftar dari Dinas Kesehatan lansia-lansia mana yang akan mendapatkan vaksin, nah itu kita hubungi. Verifikasi data cuman dari KTP aja sih,” Nakes menjelaskan pada Ibu Fahira Idris diruang penerimaan Vaksin Covid-19 lansia di PKM Pulogadung Jakarta Timur.

Kemudian, Selepas itu, nanti di puskesmas tersebut akan dilakukan empat tahap, yakni verifikasi data, screening (penyaringan), vaksinasi, dan pencatatan data. Tak semua lansia bisa divaksin. Bila ditahap screening ditemukan penyakit seperti diabetes atau hipertensi yang tidak terkontrol maka vaksinasi bisa saja ditunda.

“Biasanya diabetes yang tidak terkontrol. hipertensi juga ada yang tidak terkontrol, nanti biasanya kita tunda, kita sarankan untuk konsultasi dulu ke dokter penyakit dalam nanti mungkin kapan akan dijadwalkan lagi untuk vaksinasi,” ungkapnya.
.
Untuk hipertensi, lanjut dia menjelaskan maksimal tekanan darahnya 180 per 110,  “Karena kebijakannya berubah-ubah ya selalu ada update dari Kementerian Kesehatan, awalnya kita 140 per 90 tidak boleh, sekarang maksimal 180 per 110,” ujarnya.
.
Setelah divaksin nantinya si pasien akan diobservasi selama 30 menit untuk melihat apakah ada efek samping dari vaksin tersebut.
.
Menurut dr Ammy, efek samping vaksin Covid-19 sama halnya seperti vaksin lain. Efek ringan berupa mual atau pusing sedangkan efek beratnya bisa mengalami gangguan pernapasan hingga kejang.
.
“Pasien masuk dipanggil sama tim pendaftaran verifikasi data, setelah itu ke meja dua untuk screening, setelah screening lanjut ke meja tiga untuk meja vaksinasi, diobservasi selama 30 menit, baru ke meja empat untuk pencatatan dan print out bukti sudah vaksinasi,” katanya.
.
Untuk ruangannya sendiri, saat ini di Puskesmas Kecamatan Pulogadung masih gabung antara lansia dan tenaga kesehatan (nakes).
.
“Jadi sebenarnya kita masih digabung sama layanan vaksinasi nakes, cuman kebetulan siang ini kebanyakan lansia. Jadi enggak khusus lansia saja, tapi mungkin nanti kalau memang banyak kita pikirkan akan koordinasi dengan lintas sektor tempat lain yang harus kita buka, selama ini sih penjadwalannya satu sesi 20 orang, jam 8 sampai jam 10,” pungkasnya.
.
Fahira Idris berterima kasih kepada Jajaran Puskesmas Kecamatan Pulogadung Jakarta Timur yang telah membantu Pemerintah dalam memutus mata rantai Penyebaran Pandemi Covid-19, terima kasih para Dokter, Suster, Perawat, Nakes, bagian Admin, dan semua Tim Kerja Vaksin Covid-19 lansia, ini benar-benar alurnya jelas dan terarah, warga lansia yang memang sudah terdaftar akan nyaman dan mudah untuk dilakukan Vaksin Lansia.
.
“Saat masuk ke PKM Pulogadung Jaktim luar biasa ramah semua petugasnya, Sarana Prasarana sudah Prokes dengan menghindari sentuhan dan ruangannya nyaman Dingin AC nya, ini pelayanan yang luar biasa, serta para Petugasnya juga Teliti dan Sigap melayani Warga Pulogadung sekitarnya”, ujar Fahira Idris dalam keterangannya.
.
Fahira Idris juga mengapresiasi alur dan standarisasinya di PKM Pulogadung Jaktim, semoga Bapak/Ibu semuanya yang bertugas di sini di jaga Allah SWT dalam bertugas, terhindar dari penyakit dan mendapatkan keberkahan di Bulan Suci Ramadhan ini, semoga berkah ya Bapak/Ibu semuanya.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply