Bang Japar Komcam Setiabudi Jaksel Bersama Sanggar Silat Siwa Gebrak Adakan Giat Pelestarian Budaya Kearifan Lokal dan Pembinaan Ekonomi Kreatif.

Bang Japar Komcam Setiabudi Jaksel Bersama Sanggar Silat Siwa Gebrak Adakan Giat Pelestarian Budaya Kearifan Lokal dan Pembinaan Ekonomi Kreatif.

Bang Japar Komcam Setiabudi Jaksel Bersama Sanggar Silat Siwa Gebrak Adakan Giat Pelestarian Budaya Kearifan Lokal dan Pembinaan Ekonomi Kreatif.

Jakarta – Ormas Kebangkitan Jawara dan Pengacara ( Bang Japar ) Komcam Setiabudi Jakarta Selatan kolaborasi dengan Sanggar Silat Siwa Gebrak mengadakan giat pelestarian budaya kearifan lokal serta pembinaan ekonomi kreatif di Kelurahan Karet, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan, Sabtu (15/01/2022).
.
Kegiatan dimulai dengan penyambutan tamu yang hadir dengan Budaya Palang Pintu. Budaya Palang Pintu ini dimainkan oleh 3 generasi dari Sanggar Silat Siwa Gebrak, yaitu pembawa pantun dimainkan oleh orang dewasa, penampilan pembuka silat dibawakan oleh pesilat anak-anak kemudian tarung silat dibawakan oleh pesilat remaja.
.
Setelah hadirin masuk segera Musik Hadroh dilantunkan untuk memberi penghiburan kepada para tamu. Kelompok musik Hadroh ini utamanya didominasi remaja.
.
Para tamu juga diminta untuk menjadi pemerhati sekaligus mencicipi aneka penganan asli Betawi yang dibuatkan secara langsung oleh ibu-ibu di sekitar wilayah dimana Sanggar Silat Siwa Gebrak berada.
.
Acara yang dihadiri oleh Lurah Karet, Kiki M Akbar, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, Dancam Bang Japar Setiabudi beserta anggota dan Srikandi Bang Japar, Ketua Sanggar Silat Siwa Gebrak serta tokoh masyarakat yang juga merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Sanggar Silat Siwa Gebrak ini.
.
Dalam sambutannya Lurah Karet, Kiki M Akbar menyambut baik atas kegiatan ini dan akan terus mendukung program-program positif yang diadakan Sanggar Silat Siwa Gebrak terutama yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.
.
Secara terpisah Dancam Bang Japar Setiabudi, bang M. Aulawy, menyampaikan rasa terima kasihnya atas dukungan semua pihak sehingga terselenggaranya kegiatan tersebut.
.
Disamping itu, Ketua Sanggar Silat Siwa Gebrak, Samsul Bahri menjelaskan, bahwa Sanggar Silat Siwa Gebrak lahir dari kepedulian sekelompok generasi muda yang khawatir akan banyaknya ekses negatif dari kemajuan teknologi informasi. Banyak terjadi perselisihan kelompok pemuda di wilayah hanya karena saling beradu kata di media sosial.
.
Langkah-langkah yang dilakukan, lanjut Samsul, yaitu memulai mengenalkan kembali budaya asli Betawi seperti silat, Hadroh dan pelatihan kuliner penganan Betawi kepada pemuda-pemuda khususnya di wilayah Kelurahan Karet, Kecamatan Setiabudi.
.
Perjalanan gerak Sanggar Silat Siwa Gebrak tentulah tidak mudah. Tetapi melihat antusias masyarakat yang tinggi terhadap perkembangan budaya menjadi cambuk bagi pengurus sanggar untuk tetap eksis.
.
Perjuangan tersebut akhirnya mendapatkan pengakuan pada 15 April 2017 dimana Sanggar Silat Siwa Gebrak diakui sebagai sanggar seni dan budaya yang berada di Kelurahan Karet, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan.
.
“Kami berharap keberadaan Sanggar Silat Siwa Gebrak akan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar dan dapat berkembang lebih luas kedepannya”, tegas Samsul.
.
Fahira Idris Anggota DPD RI Dapil Provinsi DKI Jakarta yang juga Ketua Umum Bang Japar mengapresiasi langkah kolaborasi dari Bang Japar dan Sanggar Silat Siwa Gebrak, tradisi, seni budaya dan kearifan lokal patut di kembangkan agar menjadi budaya, dan ciri khas kampung tersebut. Tugas kita merawat Seni Budaya dan juga harus ikut berperan melestarikannya agar terus menerus hingga anak cucu kita dimasa mendatang. “Jangan sampai budaya dan kearifan lokal dimasa datang tidak ada silat, hadroh dan palang pintu, itu budaya Betawi yang harus kita lestarikan”, ujarnya.


Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/u1207951/public_html/bangjapar.org/wp-content/themes/bangjapar/includes/single/post-tags-categories.php on line 7

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply