Sukses Menangani PMK Di Jakarta dan Periksa 41.508 Ribu Hewan Qurban, Anggota DPD RI Fahira Idris Berikan Langsung Piagam Penghargaan DPD RI Kepada Tim Kerja KPKP Se-DKI Jakarta

Sukses Menangani PMK Di Jakarta dan Periksa 41.508 Ribu Hewan Qurban, Anggota DPD RI Fahira Idris Berikan Langsung Piagam Penghargaan DPD RI Kepada Tim Kerja KPKP Se-DKI Jakarta

Sukses Menangani PMK Di Jakarta dan Periksa 41.508 Ribu Hewan Qurban, Anggota DPD RI Fahira Idris Berikan Langsung Piagam Penghargaan DPD RI Kepada Tim Kerja KPKP Se-DKI Jakarta.
.
Jakarta – Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (DKPKP) DKI Jakarta sukses melaksanakan kegiatan pengawasan dan pemeriksaan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha Tahun 2022. Kepala Dinas KPKP Suharini Eliawati menyatakan pemeriksaan Idul Adha kemarin dilakukan di tempat penampungan atau penjualan wilayah DKI Jakarta.
.
“Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas KPKP melaksanakan kegiatan pengawasan dan pemeriksaan hewan kurban di tempat penampungan/penjualan hewan kurban di wilayah DKI Jakarta,” kata Suharini Eliawati.
.
Suharini Eliawati mengatakan pada tanggal 4 Juli 2022 sebanyak 1.016 lokasi dengan jumlah ternak 41.508 ekor telah diperiksa dan dimonitor petugas. Hewan ternak tersebut terdiri dari 13.438 ekor sapi, 168 ekor kerbau, dan 22.183 ekor kambing, dan 5.719 ekor domba.
.
Dia menjelaskan selain pemeriksaan dan pengawasan terhadap hewan kurban kemarin, Dinas KPKP juga melakukan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) kepada penjual hewan kurban.
.
Hal ini untuk mencegah dan mengetahui adanya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan kurban.
.
“Petugas juga melakukan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) kepada pemilik penjual hewan kurban terkait pencegahan penularan penyakit hewan, penerapan biosecurity, dan pelaporan jika ditemukan adanya dugaan kasus penyakit hewan menular,” jelas dia.
.
Selain itu, Suharini Eliawati
menyampaikan pihaknya melakukan penilaian terhadap kelayakan tempat penampungan atau penjualan hewan kurban. Penilaian ini terkait dengan fasilitas penunjang yang ada.
.
“Penilaian kelayakan tempat penampungan/penjualan hewan kurban terkait fasilitas penunjang seperti atap peneduh, pagar pengaman, kandang karantina dan isolasi, penampungan limbah, serta area disposal juga menjadi poin pengawasan petugas,” kata dia.
.
Fahira Idris Anggota DPD RI Perwakilan DKI Jakarta hari ini (3/8) mengunjungi Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta untuk memberikan semangat dan apresiasi terhadap situasi dan keadaan saat Idul Adha Tahun 2022 dimana saat Hewan Qurban di bayang-bayangi Kasus PMK, alhamdulillah, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas KPKP telah sukses bekerja keras dan menjaga masyarakat dari penyakit PMK.
.
“Atas nama Negara, Lembaga DPD RI memberikan Piagam Penghargaan Khusus untuk Tim Kerja Dinas KPKP dalam sukses Idul Adha Tahun 2022. Kami, mewakili masyarakat sangat bersyukur dan beruntung bahwa Tim Kerja KPKP sangat terdepan dalam pengawasan hewan masuk dan keluar, serta hewan yang sudah ada di DKI Jakarta baik di pasar-pasar hingga RPH yang dimiliki Pemprov DKI Jakarta. Jangan berhenti berkarya, terus jaga pelaku usaha hewan di DKI Jakarta, kami dukung penuh Dinas KPKP, sukses bekerja dan terus berprestasi,” ujar Fahira Idris dalam sambutannya.
.
Fahira Idris juga menyampaikan inovasi baik dan karya baik dari Dinas KPKP Pemprov DKI Jakarta kepada Provinsi lainnya untuk saling berkoordinasi antar lintas sektor.


Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/u1207951/public_html/bangjapar.org/wp-content/themes/bangjapar/includes/single/post-tags-categories.php on line 7

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply